TIPS PENTING YANG HARUS DILAKUKAN BAGI FOTOGRAFER PEMULA.

Mengabadikan moment indah dalam sebuah foto sudah bukan lagi sesuatu yang sulit dikarenakan kemajuan teknologi yang berjalan seiring zaman dimana kebanyakan dari kemajuan itu sangat mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas termasuk didalamnya adalah fotografi.

Sejak era kemunculan fotografi yang dimulai pada abad Ke-19 pada tahun 1839 di perancis fotografi dinyatakan sebagai sebuah terobosan teknologi,dimana pada saat itu rekaman dua dimensi sudah bisa dibuat permanen.Sejak saat itu fotografi terus mengalami perkembangan dengan segala keunikannya,adalah George Eastman melalui perusahaan Kodak Easman mengembangkan fotografi dengan menciptakan serta menjual roll film dan kamera boks yang praktis dan terus mengalami perkembangan dengan perbaikan lensa,shutter,film dan kertas foto.

Dunia fotografi memang sangat unik dan seru hingga tak sedikit orang yang ingin menjadi fotografer baik yang berlabel pemula hingga profesional,yang sekedar jepret hingga menjadi sebuah bisnis yang terbilang elegan.pada postingan ini Koplengspot tidak membahas sejarah perkembangan fotografi secara mendetail akan tetapi lebih kepada bagaimana mengawali menjadi seorang fotografer pemula untuk mengabadikan setiap momen-momen indah yang mungkin tidak akan bisa terulang kedalam sebuah bentuk yang bisa dilihat kapan saja.
ilustrasi by/www.refocusimaging.com
Apabila kita baru memutuskan untuk mencoba hoby fotografi ada beberapa hal yang harus dilakukan,menurut Jony Sasmito yang merupakan salah satu suhu fotografi di komunitas Fotografi Indonesia.

HAL PENTING YANG HARUS DILAKUKAN BAGI FOTOGRAFER PEMULA.

1. JANGAN TERBURU-BURU MEMBELI PERALATAN YANG MAHAL
Semakin banyak kita motret dan belajar dari contoh-contoh yang ada, kita akan tahu peralatan apa yang akan kita butuhkan di kemudian hari.

2. BAWA KAMERA KEMANA SAJA KITA PERGI
Terkadang kita menemukan 'moment' yang tak terduga di perjalanan yang sangat menarik untuk diabadikan. Apabila kita kebetulan hanya membawa kamera HP, abadikan untuk sekedar menjadi catatan dan bisa diulang kembali dengan menggunakan kamera reguler.

3. JANGAN MEMILIH-MILIH OBYEK FOTO
pic by jurnalweb.com
Dimanapun kita berada, baik di rumah ataupun di luar rumah, kita harus mencoba untuk mengabadikan obyek-obyek menarik apa saja dengan berbagai trik pencahayaan. Ulangi beberapa kali hingga diperoleh foto terbaik.Jangan langsung pengen motret yang anu-anu hehehe

4. MENIKMATI PROSES
menikmati proses pic by www.liveolive.com
Yang paling penting dari hobby foto ini adalah tidak pernah berhenti untuk belajar, menikmati proses-proses foto dan mencari moment-moment yang unik di sekitar kita. Perhatikan apa saja di sekitar kita, cari peluang moment yang tidak kita bayangkan sebelumnya.

5. EKSPERIMEN DENGAN SETTING KAMERA
ilustrasi by cloudfront.net
Baca manual book nya untuk membantu memahami simbol-simbol yang ada di kamera. Sering-seringlah motret menggunakan berbagai settingan untuk mempelajari efek yang diperolehnya.


6. BELAJAR BASIC RULES
rule of thirds by tqn.com
Banyak informasi mengenai basic rules ini di internet. Mulailah dengan mempelajari komposisi. Diskusi dengan teman-teman yang lain akan sangat membantu untuk mempelajari teknik-teknik fotografi.


Dan yang paling penting dari semua ini, cobalah belajar dari literatur yang ada (bisa browsing di internet) apa saja yang kita ingin ketahui. Kalau tidak kita temukan, barulah mencoba untuk bertanya kepada teman-teman yang lain,Jangan dibalik, males baca, mendingan tanya saja.

Semoga apa yang ada dalam postingan ini bisa bermanfaat dan bukan tak mungkin pembaca yang masih baru mengenal dunia fotografi kedepannya bisa menjadi seorang fotografer yang hebat.

Salam The Power of Sharing.
Mari kita ajak teman2 di lingkungan kita untuk hobby fotografi.


Halaman Selanjutnya
« Prev Post
Halaman Sebelumnya
Next Post »
Thanks for your comment