Perjalanan Makassar ke Enrekang,Sebuah Catatan Singkat

Perjalanan kali ini saya namakan perjalan persinggahan karena tujuan  sebenarnya adalah ke luwu timur tempat saya sekarang bedomisili namun karena bertepatan saudara saya juga akan kembali ke enrekang bersama istrinya  dan menawarkan untuk ikut jadinya saya ke enrekang dulu untuk beberapa hari sekaligus menjalin silaturrahmi dengan beberapa teman-teman lama sembari menikmati pemandangan bumi masenrengpulu lalu go to Bumi Batara guru Luwu Timur.

Jam menunjukkan pukul 21:33  saat mobil beranjak meninggalkan makassar.Percakapan dengan berbagai tema dan alunan musik dari pemutar MP3 mewarnai perjalanan keluar dari kota makassar menuju kabupaten Maros,disini kami singgah di pusat kuliner roti maros untuk membeli cemilan dan oleh-oleh untuk dibawa ke baraka.
Kuliner roti maros
Berfose di depan sanggalea kuliner roti maros

setelah itu tancap gas.Pukul 22:55 kami telah masuk Kota Pangkep, tanpa terasa pukul 00:06 kami pun melewati kota barru dan pada pukul 00:57 kamipun masuk di kota pare-pare disini kami beristirahat nongkrong sembari menikmati suasana tengah malam kota pare-pare dari tepian pantai yang mulai hening hanya ada keramaian dari club malam dan beberapa kendaraan yang lewat.

Suasana pantai kota pare-pare tengah malam

Owner Kopleng blog
setelah itu perjalanan kembali di lanjutkan,01:36 dalam perjalanan menuju enrekang langsung ke tujuan.pukul 05:33 sampailah kami  dengan selamat di Baraka Enrekang.
Jumat 3 maret 2014 08:00 star dari pasar sudu,sampai di Puncak poros toraja palopo pukul 11:30 untuk istirahat.12:10 lanjut,13:03 kota palopo dan lanjut menuju wotu luwu timur

persinggahan puncak poros toraja palopo
Kurang lebih 8 jam perjalanan akhirnya sampai di wotu pukul 15:20.

catatan
- Jalur makassar-enrekang melewati 3 kabupaten yaitu maros,pangkep dan pare-pare,akses bisa ditempuh dengan semua jenis kendaraan.waktu tempuh normal sekitar 6 jam
- Untuk menuju luwu timur via baraka enrekang dapat ditempuh dengan 8 jam perjalanan tergantung lokasi yang akan dituju.
-Angkutan umum tujuan luwu timur dari baraka bisa didapatkan di pasar sudu enrekang dengan tarif  Rp 80.000 (tujuan Wotu).
-0852 9935 4634 nomor telpon sopir menuju luwu timur via pasar sudu enrekang (usulan penulis).
-tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan dikarenakan berbagai kondisi yang membuat waktu dan kesempatan untuk mempublis pendukung tulisan ini  sangat minim.

semoga tulisan ini bermanfaat

-Buat kamu yang sedang berada di tanah luwu dan ingin berkunjung ke tempat wisata silahkan dibacaTempat Wisata di Luwu Utara